Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Tepat, Anda Wajib Tahu!

Posted on

Cara menghilangkan minyak di wajah bukan lagi hal baru, bahkan sering diperlukan oleh sebagian besar wanita. Tentu masalah tersebut menjadi sangat serius, karena bisa mengikis rasa percaya diri atas penampilan sehari-hari.

Sebenarnya, kulit wajah memiliki kelenjar minyak yang terus berproduksi. Namun, jika minyak yang keluar tersebut berlebihan, tntu bukan lagi hal yang bisa dianggap sepele. Perlu Anda tahu jika produksi minyak tersebut bisa saja bertambah karena banyak faktor, seperti gangguan hormon, faktor usia, keturunan, hingga stres yang berlebihan.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Tepat, Anda Wajib Tahu!
healthline.com

Begini Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Jenis kulit berminyak merupakan salah satu kondisi dari kulit akibat sebum atau minyak alami kulit memproduksi kelenjar sebaceous secara berlebihan. sebenarnya, minyak alami ini berguna mempertahankan kelembaban kulit.

Namun, jika sebum yang diproduksi berlebihan, maka bisa berisiko terjadi masalah pada kulit. Misalnya, kulit menjadi kusam, pori-pori yang tersumbat, munculnya komedo, bahkan sampai munculnya jerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, bisa menyimak cara menghilangkan minyak di wajah berikut ini.

Rutin Cuci Muka

Bagi Anda yang ingin menghilangkan minyak berlebih pada wajah, maka ada baiknya senantiasa mencuci muka dengan rutin. Cara ini adalah langkah pertama dan paling murah yang bisa Anda lakukan. Paling tidak, bisa melakukannya sekitar 2 kali dalam satu hari, yakni pagi dan malam hari.

Anda bisa mengaplikasikannya secara perlahan dengan memijat lembut. Hal tersebut wajib Anda lakukan demi terhindar dari iritasi. Jangan lupa pakai sabun khusus wajah dengan kandungan yang aman.

Penting untuk Anda lakukan setelah mencuci muka, yakni mengeringkan dengan handuk atau kain yang lembut. Bahkan, cara mengeringkannya adalah dengan menepuk-nepuk lembut atau perlahan. Hindari mengeringkan dengan kain kasar atau mengusap kasar. Karena, justru akan mengakibatkan produksi sebum semakin banyak.

Memakai Toner

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya adalah pemakaian toner setelah cuci muka. Anda yang memiliki wajah berminyak, bisa memakai toner dengan kandungan alkohol. Karena, bisa merubah kulit menjadi kering. Namun, sangat disarankan, untuk memakai toner atau astringent dengan bahan alami yang bisa mengontrol kulit dan produksi sebum wajah.

Selain bisa menjadikan kulit berminyak berubah menjadi kering, astringent atau toner ini bisa membuat pori-pori pada wajah menjadi kecil. Bahkan, produk ini juga bisa menghilangkan sisa make up yang tersisa di pori-pori.

Mengoleskan Pelembab

Mungkin sebagian dari Anda menganggap jika mengoleskan pelembab akan memperparah produksi minyak pada wajah. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengoleskan pelembab bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tentu saja, Anda harus memilih produk dengan kandungan air atau tanpa minyak.

Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah bisa Anda hindari karena bisa menebar bakteri, kotoran, serta minyak, dari tangan ke kulit wajah. Boleh-boleh saja menyentuh area wajah, namun sebaiknya lakukan saat sedang membersihkan atau menggunakan produk perawatan. Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum menyentuh area wajah Anda. Cara menghilangkan minyak di wajah ini terdengar sepele, namun perlu Anda perhatikan dengan baik.

Batasi Pemakaian Produk Scrub

Scrubbing memang bisa membersihkan wajah dari kotoran yang menyumbat pori-pori secara efektif. Namun, pemakaian yang berlebih justru akan membuat kulit iritasi. dengan begitu, produksi sebum akan menjadi lebih banyak.

Gunakan Produk Tabir Surya

Produk tabir surya bisa membantu kulit terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa mengakibatkan keriput serta flek hitam yang sangat mengganggu. Gunakan tabir surya sebelum beraktivitas ke luar rumah. Untuk cara menghilangkan minyak di wajah, maka bisa menggunakan produk bertekstur gel.